Selasa, 07 April 2009
Trik Konversi Dokumen ke PDF
Baca ni tutor dengan ke iklasan hati ya ,Trik berikut ini membuat sebuah program sederhana yang berfungsi untuk mencetak file PDF dengan cepat. Pemrograman yang dipakai adalah WSF (Windows Script Files).
Program yang akan dibuat bisa mencetak file PDF secara cepat tanpa harus masuk ke aplikasi pembuat PDF. Jadi, pengguna PC dengan spesifikasi “pas-pasan” tidak perlu mengsintal aplikasi pembuat atau penampil PDF yang terlalu berat bagi PC-nya.
Pembuatan program membutuhkan ActiveX dari aplikasi Easy PDF Printer agar hasil cetakan sesuai dengan yang diinginkan. Aplikasi yang terakhir disebut dapat diunduh dari www.pdfonline.com.
Kala Easy PDF Pritner sudah diinstal, ketikkan skrip berikut ini di Notepad kemudian simpan dengan nama cetak_pdf.wsf. Jangan lupa untuk mengubah Save as type dari [Text Documents (*.txt)] menjadi [All Files]. Jangan aktifkan word wrap saat pengetikkan.
On Error Resume Nextdim masukkan, keluaran, judul, pesanset NT84 = CreateObject(”easyPDF.Printer.5″)judul = “::Mesin Pembuat PDF::PCplus::”masukkan=inputbox(”Letak File?”,judul)keluaran=inputbox(”OutPut File?”,judul)
set NANO = NT84.PrintJobNANO.PrintOut masukkan,keluaran
if Err.number=0 thenMsgBox “PDF Berhasil di buat!”,vbinformation,judulelseMsgBox “Error! Kesalahan: “&vbcrlf&_“>> “&Err.Description,vbexclamation,judulend ifErr.Clear
Program yang dibuat memanfaatkan file ActiveX dari aplikasi Easy PDF Printer. Dengan perpaduan dari WSF dan ActiveX dari aplikasi Easy PDF Printer maka akan tercipta sebuah file PDF tanpa harus menyentuh aplikasi pembuat file PDF yang terlalu berat.
Jalankan program cetak_pdf.wsf melalui Windows Explorer dengan cara klik dua kali pada program tersebut.
Pertama-tama masukkan letak dokumen sumber yang akan dijadikan file PDF, lengkap dengan path, nama file dan extension, lalu klik tombol [OK]. Pada jendela berikutnya masukkan nama file output yang akan dihasilkan, lengkap dengan path, nama file dan extension, lalu klik tombol [OK]. Proses konversi pun berjalan secara otomatis. Tunggu hingga proses konversi selesai. Jika konversi berhasil maka akan keluar papan peringatan yang menyatakan bahwa konversi file selesai dilakukan

0 komentar:

Posting Komentar